Selasa, 15 November 2011

Ujian OSCE Klinik,hummm...

Gillaaa'....
OSCE (ga tau arti maupun singkatannya) klinik speechless!
Dipanggil pertama kali
Di ruang 209
Hmmm...deg2an poll...

Sampe dalem 209
Alhamdulillah, yang ngawasi bu Ayu(dosen pembimbing akdemikku yang paling baik)
Sama ada 1 orang tak dikenal pasien (pura2nya)

Jadi, ceritanya:
Kami disuruh melakukan konsultasi gizi terhadap pasien dengan keluhan tertentu
So, penyakitnya dirahasiakan!

Dipersilahkan masuk sama bu Ayu
Terus disuruh baca skenarionya
Sambil dikasih lembar penukar dan leaflet kosong
Leaflet kosong buat diisi sendiri sama Ahli Gizinya
*pura-puranya aku=peserta ujian
Disediakan pula alat ukur TB, pita LILA, pita meteran
Ga ada timbangan BB, gampang: ntar aku hitung pakai BBI

Terus,

Mulai deh,
Posisi duduk membentuk huruf L dengan pasien
Kusapa,
Dan mulai kutanyakan : Identitas pasien, dan keluhannya
Oh, ternya pak Budi ini lagi sakit sesak nafas = Pnemumonia
SGOT dan SGPTnya rendah
Leukositnya tinggi
......
Hah!opo iki dietnya?matenggg...
......
Bingung mengakibatkan grogi
Ngukur TB sampai hampir lupa sandal pasien ga aku suruh lepas
*Untung inget!
Hmm...
Efeknya lagi: pasien lupa gak aku tanyain umur.
Efeknya lahi: aku lupa gak nanyain riwayat maka.
Efeknya lagi: aku isi leafletnya dari belakang, kan harusnya dari depan!
Mbuh wes...

Aku gak paham diet Pneumonia
Leafletnya aku isi sembarangan wes
Aku kasih saran semampuku
Hiks...

Setelah aku kasih advice ngawurku ke pasien
Ku tutup konsultasi yang hanya diberi waktu 15 menit
Ku doakan semoga pasien lekas sembuh
Hhh...
Gak memuaskan!

Kutanya evaluasi dari bu Ayu
Kata beliau:
Sudah bagus, hanya kurang ketika menutup konsultasi
Harusnya dirangkum kembali dari awal sampai akhir
Lalu, pengukuran antropometrinya harus dilakukan 2 kali

Oooh...
Semoga menjadi bahan evaluasiku ke depan dan untuk kalian.

1 komentar:

  1. hahaha sama..aku juga 209..
    aku juga lupa ngrangkum..
    dan hebatnya saking grogi n bingungnya, konsultasiku cuma 9menit..
    hahaha geje banget pokoknyaa.. :(

    BalasHapus