Selasa, 03 Februari 2015

'Ketat' urusan duit :p

Sore tadi, saya membeli sesuatu di apotek. Sesuatu itu adalah alkohol, yang akan saya gunakan untuk membersihakn luka. Apoteknya tidak jauh dari rumah. Ada hal menarik yang ingin saya bagikan. Simak-simak...

Sy: mbak ada alkohol?
Mb': ada. yang botol besar apa kecil?
Saya pikir mau ditanyain yang berapa persen, bukan
Sy: yang kecil aja.
Mbaknya ngambil di etalase lemarinya, terus dibungkus pake plastik bening
Sy: berapa mbak?
Mb': enam ribu
Setangkap dengar telinga saya emang enam ribu. Tak kasih dua lembar lima ribuan. Harusnya dapat kembalian berapa pemirsaaaa???
Iyap, empat ribu.
Tapi si mbaknya kasih saya tiga ribu.
'Lah piye seh' batin saya, 'regane nemewu opo pitungewu, kok disusuki telungewu?'
Saya pun ngecek, sambil nerima uang tiga ribu itu
Sy: Emm, tujuh ribu ya mbak.
Bukan kalimat pertanyaan seh sebenernya, cuma nadanya saya buat agak nggantung :p
Terus mbaknya agak bingung, mulai sadar paling.
Mb': eh, enam ribu. oh kurang seribu kembaliannya ya
Terus mbaknya ambil uang kekurangannya
Sy: oh. iyah, makasih mbak
Saya terus pulang

Oke. Dimana menariknya?
Point: disini saya termasuk yang 'ketat' soal urusan duit :D (ya sayang ya? ;)). Mungkin ada yang bilang, 'ikhlasin aja, cuma seribu'. Ada sebagian orang akan menganggapnya sedekah. Masalahnya bukan ikhlas gak ikhlas, atau mau gak mau sedekah. Tapi menurut saya, liat konteksnya. Sedekah ya sedekah, jual beli ya jual beli.

Si mbak kan jualan, ada barangnya, ada harganya dan saya pembelinya, sayangnya :D. Pembeli membayar senilai barang yang dibeli, pas. Kan? Lain kasusnya kalo kaya model di toko-toko besar yang kalo ada kembalian receh, pake ditawarin 'seratusnya boleh disumbangkan?' Ini mending, masih ada ijinnya. Nah tadi mbaknya diem aja ee :D

Kalau sedekah, ada 'tempatnya'. Maksudnya, saya nggak pengen dengan cara di atas, terus ujug-ujug saya menganggapnya sedekah. Sedekahnya diniatin, tulus, dikasih ke yang tepat. Kan jauh lebih baik.

Saya gak berprasangka si mbak mau gimana-gimana, saya meyakini dalam hati, mbaknya lagi lupa, lain kali jangan lupa lagi ya mbaaak :D Udah, gitu gampangnya.

*gak jelas*

2 komentar:

  1. hahahhaha bener banget yen urusan duit ki emeng sayangku yg paling teliti and Titik2............. kwkwkwkw... hahahha... love u cinta.. H & N

    BalasHapus
    Balasan
    1. titik2nya pelit yaa maksudnya?haha... love u too sayang

      Hapus